Tuesday, March 3, 2020

Linked List (II)

Review Linked List

Perbedaan antara Single Linked List dengan Double Linked List

Single Linked List merupakan sekumpulan data data yang dihubungkan dengan satu pointer dalam satu elemen yang bergerak dari depan ke belakang, atau sebaliknya. Pada Single Linked List, data tidak bisa bergerak ke data sebelumnya, karena hanya memiliki satu tangan/ satu pointer. Berbeda dengan Double Linked List. Setiap data dihubungkan dengan dua pointer. Maksudnya adalah informasi data dapat dihubungkan ke data yang sebelumnya dan juga dapat dihubungkan ke data setelahnya. 
Image result for doubly linked list adalah
Seperti gambar diatas, informasi data  yang berisi sepuluh dapat saling berhubungan dengan data yang berisi lima dan data yang berisi lima belas.

Cara Insert dan Delete Data pada Single Linked List

Berikut ini adalah cara mendefinisikan sebuah Linked List dalam bahasa C++. 

Insert Front

Berikut ini adalah cara Insert /push Front. Insert Front adalah data yang baru masuk akan langsung menjadi head.

Maksud dari Push Front adalah bila ada data baru yang masuk, maka data tersebut akan menjadi head dalam rantai tersebut. Bila ada data yang berisi 10, 5, 4, 7 maka hasil dari push front akan menjadi 7, 4, 5 ,10 baru NULL.

Insert Back

Berikut adalah cara insert back atau push back.


Maksud dari Push Back adalah bila ada data baru yang masuk, maka data tersebut akan menjadi tail dalam rantai tersebut. Bila ada data yang berisi 10, 5, 4, 7 maka hasil dari push back adalah 10, 5, 4, 7 baru NULL.

Pop Front

Berikut adalah cara Delete/Pop Front 

Maksud dari Pop Front adalah menghapus data yang pertama dan menjadikan data ke dua sebagai head. Bila ada data yang berisi 10, 5, 4, 7 maka hasil dari pop front adalah 5, 4, 7 baru NULL.

Pop Back

Berikut adalah cara Delete/ Pop Back

Maksud dari Pop Back adalah menghapus data terakhir dan menjadikan data sebelum terakhir sebagai tail. Bila ada data yang berisi 10, 5, 4, 7 maka hasil pop back adalah 10, 5, 4 baru NULL.


Refrensi



No comments:

Post a Comment

Rangkuman Final Data Structure

Ringkasan Final Data Structure Data Structure Nama  :  Isaac Andrean Yoshua NIM  : 2301927046 Kelas : CB01-CL Lecturer : Ferdinand Ariandy L...